Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pengolahan Air Limbah Industri Aman Bagi Lingkungan dan Kesehatan

 
Ketika menjalankan usaha dalam bidang industri, pastikan bahwa anda melakukan pengolahan air limbah yang aman dan tepat. Apalagi limbah industri yang pabrik anda hasilkan bentuknya berupa air. Walaupun dalam bentuk cair, akan tetapi sebenarnya air ini juga begitu berbahaya karena mengandung senyawa atau bahan-bahan yang tidak baik apabila terhirup oleh makhluk hidup, terutama manusia. Bahan berbahaya ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan.

Cara Pengolahan Air Limbah Industri

Teknik pengolahan air limbah dilakukan melalui beberapa tahapan. Dengan melalui beberapa cara ini, maka pengolahan air limbah yang anda lakukan bisa memberikan hasil yang maksimal. Untuk mengetahui apa saja tahapan pengolahan limbah industri tersebut, anda baca saja ulasan lengkapnya dibawah ini.
  • Pengenceran (dilution)
Baca Juga :  Hubungan Kualitas dan Harga Tangki Air Fiberglass
Air limbah buangan industri diencerkan terlebih dahulu hingga mencapai konsentrasi yang cukup rendah, lalu baru dibuang ke badan air. Lakukan pengendapan, penyaringan, dan sebagainya.
  • Irigasi
Untuk pengolahan air limbah buangan industri yang dilakukan dengan cara irigasi, seringkali berupa limbah yang banyak mengandung bahan bermanfaat. Dengan begitu, air limbah ini dapat digunakan untuk irigasi persawahan maupun pupuk tanaman. Karena limbah yang dapat digunakan untuk irigasi biasanya datang dari perusahaan susu sapi, dan lain sebagainya.
  • Kolam
Supaya limbah air ini tidak menyebar dan juga mengalir ke sungai, maka dapat dibuang ke kolam yang sudah didesain khusus. Dinding kolam bisa dilapisi semen untuk membuat air limbah tersebut tidak merembes ke tanah.
  • Pengolahan air buangan
Tahapa ini adalah cara pengolahan air buangan yang lebih kompleks dan juga lebih lengkap. Adapun caranya ialah dengan melakukan pengolahan secara fisis dan mekanis (primer) serta secara biologis (sekunder), khususnya di daerah perkotaan. Biasanya air buangan dari segala jenis, baik dari rumah tangga, kota, maupun industri.

Manfaat Pengolahan Air Limbah Industri

Berikut adalah sederet manfaat dilakukannya sistem pengolahan cairan limbah industri yang perlu untuk anda ketahui.
  • Kurangi pencemaran air
Baca Juga :  Alasan Air Proses Bio Septic Tank Super Aman Dialirkan ke Got Umum
Instalasi sistem pengolahan limbah di industri akan membantu memberikan kontribusi pada kehidupan laut yang lebih baik. Air yang tercemar harus diolah untuk menghilangkan unsur-unsur beracun sehingga tidak akan mencemari laut.
  • Cegah penyakit dan jaga kesehatan manusia
Air tercemar adalah salah satu penyebab utama penyakit yang bisa menular melalui air pada masyarakat. Air limbah industri bisa mencemari sumber air serta menyebabkan penyakit serius ketika anda menggunakan air dari sumber tersebut. Untuk itu, air limbah industri harus diolah untuk menghilangkan semua elemen anorganik dan mikroba patogen penyebab penyakit.
  • Menghemat biaya
Air yang telah terkontaminasi menyebabkan pemborosan biaya, dari biaya kesehatan hingga biaya untuk memperbaiki lingkungan yang rusak. Maka dari itu, apabila tiap industri dapat mengolah air limbahnya masing-masing, maka tidak hanya akan bermanfaat bagi lingkungan dan kesehatan mereka namun juga memberikan kontribusi sebagian besar ke arah ekonomi lebih baik. Industri memang harus menggunakan sistem pengolahan air secara serius.

Pos-pos Terbaru

Kategori

Arsip

Komentar Terbaru

Butuh Bantuan? Contact Via WhatsApp